SEJARAH PENEMUAN MAKAM WALI PITU DI BALI



Penemuan makan wali Pitu di Bali, diawali dengan adanya petunjuk-petunjuk yang dialami oleh seseorang yang bernama Chabib Toyyib Zaen Arifin Assegaf. Beliau adalah  pengasuh Jam'iyah Manaqib Al-Jamali (Jawa – Madura – Bali), yakni tepatnya pada bulan Muharrom tahun 1412 Hijriyah/1992 Masehi.

Petunjuk-petunjuk tersebut diperoleh secara sirri dan berangsur-angsur laksana Wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. 

Petunjuk-petunjuk tersebut diperoleh melalui hembusan suara sayup dalam bahasa jawa, diantaranya berbunyi :

  1. ”Wis Kaporo nyoto ing telatah Bali iku kawengku dining pitu piro-piro Wali cubo wujudno”. Artinya : Di daerah Bali telah nyata dihuni oleh tujuh para Wali coba wujudkan.
  2. ”Ono sawijining pepunden dumunung ono ing telatah susunaning siti sasandingan pamujaan agung kang manggon sak duwuring tirto kang kadarbeni dining suwitaning pandito ojo sumelang”. Artinya : ada suatu tempat yang dipuja – puja berada di atas tanah susun berdampingan Pura Agung terletak diatas air yang memelihara seorang Pendeta jangan ragu-ragu.
  3. ”Waspadakno pitu iku kaperang dadi papat”. Artinya: Waspadalah tujuh itu terbagi menjadi empat.
  4. ”Pitu kaperang dadi papat iku pangertene, Kapisan wis kaparo nyoto, kapindo Istijrot wujude kembar, kaping telu wis lahir ning durung wujud, kaping papat, liyo bongso”. Artinya : tujuh dibagi empat itu pengertiannya; Pertama telah nyata, kedua Istijrot wujudnya kembar, ketiga sudah lahir tetapi belum wujud, yang keempat lain bangsa.

Dari keempat petunjuk tersebut beliau masih belum memahami tentang maksud yang terselubung di dalamnya. Beliau memusyawarahkan permasalahan ini bersama para Jamaah Manakib Al-Jamali. Namun belum diperoleh pemecahannya.

Pada suatu hari seorang jama’ah dari Jam'iyah Manaqib Al-Jamali yang bernama saudara Zainul memberi informasi bahwa ia pernah diberitahuoleh orang tua yang belum ia kenal, bahwa di daerah Tanah Lot ada satu makam Islam yang keramat. Informasi ini memberi semangat untuk mengadakan penelitian lebih mendalam.

10 komentar:

  1. Lagi lagi HOAX muslim . . .
    Kenapa ya, muslim Arab selalu menyebarkan agama Islam menggunakan tipu-tipu murahan dan HOAX macam ini.
    Apakah karena ajaran Taqiyya ?
    Boleh berbohong asalkan demi menyebarkan agama Islam ??
    Kalau diperbolehkan syiar agama dgn cara membohongi (membuat HOAX) berarti Islam agama buatan Iblis donk
    Jadi ingat kuburan keramat mbah Priok, yang ternyata cuma akal-akalan Habib Arab buat menipu muslim pribumi.
    Kuburan palsu yang dibilang sebagai kuburan penyebar agama Islam dan sudah makan korban beberapa Satpol PP mati mengenaskan itu ternyata cuma HOAX.

    Bosan liat muslim Arab bergelar Habib yang menyebarkan agama dgn cara membuat HOAX ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah tulisan antum bs di pertanggung jawabkan?apa antum pnya datanya shingga antum brani bilang hoax?bahkan smp maqam mbah priuk pun gk antum bilang spt itu.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. terus terang saya meragukan yang model gini

    BalasHapus
  3. sebenarnya itu semua butuh pembuktian,jgn asal memberi pendapat ataupun beropini,jdi kalo anda sebagai muslim harusx menghargai sesama muslim dimanapun berada,saya juga muslim,saya juga tdk tahu berita ini benar atau salah

    BalasHapus
  4. Apa sampai sekarang belum ada penelitian terkait keberadaan makam2 yang di duga ulama itu? Waktu saya berkunjung ke bali pun tour guide nya mengatakan bahwa di bali memang ada makam wali yang di sebut wali pitu

    BalasHapus
  5. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus
  6. Jangan mengada ada wali itu nyata adanya seperti nyata iblis syaetan..

    BalasHapus
  7. Wali pitu di bali itu makam nya orang Sholeh, urusan sejarah yang telah lampau dan kurang terjaga akan silsilah cerita yang pasti, mungkin sebagian dari mereka masuk bali di masa yang belum banyak manusianya.

    BalasHapus